On Being A Birthday Girl

Sepenggal lirik dari salah satu band lawas, The Beatles:

They say it's your birthday
We're gonna have a good time
I'm glad it's your birthday
Happy birthday to you...


Dan ini adalah sebuah surat untuk wanita yang berhasil melewati setahun dalam hidupnya:

Kamu,
Selamat karena selama dua puluh satu tahun kamu hidup, akhirnya banyak hal yang bisa kamu syukuri. Bukan karena Yang Diatas tidak pernah menenggok kepadamu, tetapi karena simpel kamu belum pernah tahu caranya berterima kasih atas segala hal baik yang terjadi.

Selamat untuk segala teori-teori hidup yang kamu temukan, kamu kembangkan, dan kamu terapkan dalam hidup. Tidak semuanya baik, tidak semuanya benar. Namun setidaknya, kamu membuat sebuah pilihan dan kamu menjalaninya.

Selamat karena kamu berhasil menjadi manusia paling tidak sensitif yang pernah ada di muka bumi ini. Kamu berhasil membuat satu buah tembok besar agar semua orang tidak bisa masuk karena kamu takut kembali tersakiti. Semoga kamu bisa berubah.

Selamat untuk keberanianmu membuka diri kepada hal-hal baru; kepada manusia-manusia baru; kepada perjalanan baru; kepada sebuah ketidaktahuan akan sesuatu; kepada luka baru; kepada kebahagiaan baru; kepada cinta yang baru. You've started a new journey, finally.

Selamat untuk berhasil merelakan pergi sesuatu yang mengganjal hidupmu selama lebih dari tujuh tahun. Kamu akhirnya menyadari bahwa hidup dan persoalan menunggu adalah bentuk dari keputusan pikiran. Kamu belajar untuk berpikir mengenai "menunggu" hal yang lain.

Selamat untuk terus menerus terasa dekat dengan mimpi yang kamu patenkan dalam hidup sejak berumur dua belas tahun. Semoga tidak mati ditengah-tengah.

Selamat karena kamu mulai mencintai dirimu. Apa adanya.

Selamat karena kamu mulai belajar bahwa cinta adalah sesuatu yang layak ditunggu dan bukan sesuatu yang ada karena keinginan/tuntutan sosial; dan kamu siap menunggu untuk hal itu. If it's easy, it's not worth it.

Selamat karena akhirnya, dari semua tangis dan rasa yang ada, kamu mampu terus berdiri dan belajar mengenai banyak hal dari situ.

Selamat dan teruslah berpetualangan. Semoga kamu bisa terus menerus memiliki perjalanan yang menyenangkan di akhirnya.


-----


Saya lupa menuliskannya dimana, tapi saya mengingat satu buah isi surat setahun yang lalu: semoga saya bisa terus berdiri sampai angka 2 bertemu dengan 2, menjadi kembar, dan menghasil sebuah momen-momen hidup tak terlupakan.

Dan ini doa seumur hidup saya: semoga saya bisa berdiri sampai angka 2 bertemu dengan angka 3 dan menghasil satu kejadian magis di dalam hidup saya.
Happy birthday, me.

2 comments:

Muhammad Kafrawy said...

keren banged mba Ribka..ijin copy dan sy nulis sumbernya.mksh

Ribka Anastasia Setiawan said...

Silakan. Terima kasih apresiasinya. :)